mapLink LIVE
Youtube
mapMisa LIVE STREAMING
Minggu 08.00 Wib

×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 164

Agu 17 Ditulis oleh 

KKPPMP: Rohaniawan Romo Paschal Perolehan Penghargaan dari LPSK Jadilah yang pertama!

Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus saat memberikan sambutan di HUT Ke-11, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Rabu(28/8). LPSK menganugerahi penghargaan kepada Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus sebagai pegiat antiperdagangan orang. Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus saat memberikan sambutan di HUT Ke-11, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Rabu(28/8). LPSK menganugerahi penghargaan kepada Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus sebagai pegiat antiperdagangan orang. ( Foto: Suara Pembaruan / Yeremia Sukoyo )

Batam - Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus tidak pernah menyangka bisa mendapat penghargaan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Melalui surat dari LPSK, dirinya mendapat kabar akan diberi penghargaan di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Penghargaan diberikan atas layanan perlindungan dan bantuan kepada saksi dan korban kehususnya kepada korban tindak pidana perdagangan orang dalam proses peradilan pidana.

“Memang tidak pernah berpikir sedikitpun untuk ini dan pula tidak berharap,” ujar Romo Paschal, sapaan akrabnya kepada Batamnews, Sabtu (17/8/2019).

Romo Paschal mendirikan Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKP-PMP) Kepri--lembaga gereja yang berkarya di bidang pelayanan pastoral keadilan dan perdamaian yang concern menangani kasus migran, tenaga kerja hingga trafficking di Kepri.

Ia bersyukur bahwa kerja keras dia selama ini bisa diapresiasi oleh LPSK. Selama ini dalam melakukan aksinya memberikan pelayanan, tidak pernah berpikir untuk dihargai atau tidak. Romo Paschal menceritakan pelayanan ini dimulainya sejak tahun 2013. Lalu pada tahun 2014 pertama kalinya ia bekerjasama dengan LPSK untuk melindungi 24 orang korban trafficking.

“Kasus ini ditangani Polda Kepri, kami kawal hingga ke pengadilan,” katanya.

Untuk itu, dalam melaksanakan pelayanan ini pihaknya melalukan perlindungan sementara sebelum akhirnya mengirimkan surat pernohonan kepada LPSK. Baru setelah mendapat persetujuan, ia dan LPSK bersama-sama memberikan rasa aman kepada tiap korban dan saksi.

“Terutama saksi dan korban perdagangan manusia,” katanya.

Menurutnya pelayanan ini bisa bertahan selama bertahun-tahun karena berprinsip bahwa saksi dan korban harus dilindungi, agar memperoleh rasa aman saat mengikuti dan memberikan keterangan dalam proses pengadilan.

“Karena negara menjamin perlindungan itu di bawah UU dan secara khusus terwujud dalam lembaga LPSK, maka semua masyarakat berhak untuk mendapatkan perlindungan tersebut,” katanya.

Dalam melakukan pelayanan ini, Romo Paschal mengaku tidak mudah karena beberapa kendala. Diantaranya, dari pihak saksi dan korban ada yang tidak mau kooperatif.  Sehingga terkadang menambah persoalan lain ketika mereka tidak mengatakan fakta sebenarnya. Hal itu dikarenakan masih diliputi rasa takut maupun tidak mudah percaya pada orang lain.

“Belum lagi tekanan dari pelaku dan para mafia yang begitu masif dari keluarga pelaku,ancaman sehingga saksi dan korban merasa ketakutan,” sebutnya.

Selain itu, terkadang pihaknya juga mendapat ancaman luar biasa dari pelaku. Makanya dibutuhkan kesetiaan dan keberanian untuk bertahan.

Sumber: Batamnews.co.id

466 Terakhir diubah pada Jumat, 29 November 2019 08:30

Berikan komentar

Berkomentarlah secara bijak dan mengikuti regulasi perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Komentar anda akan terlebih dahulu disetujui admin agar muncul di Kolum Komentar. Tanda (*) artinya Kolum Wajib di Isi. Url Situs Web dapat dibiarkan Kosong.

//Pencarian

//Donasi Pembangunan Gereja

//Informasi Terkini

//Jadwal Misa

Misa di Gereja Paroki Santo Joseph Dialihkan ke Gereja Hati Kudus Yesus, Bati

Harian: Senin S/d Jum'at Pukul 17.00 Wib, Sabtu 06.00 Wib

Mingguan: Sabtu 18.00 Wib, Minggu 08.00 Wib

Lihat Peta (Klik Disini)

//Temukan Kami di Facebook

//Download dan Instal

Daftar atau Masuk

Pengumuman!

Misa di Gereja Paroki Santo Joseph Dialihkan ke Gereja Hati Kudus Yesus, Bati
Harian: Senin S/d Jum'at Pukul 17.00 Wib, Sabtu 06.00 Wib
Mingguan: Sabtu 18.00 Wib, Minggu 08.00 Wib

Sekapur Sirih Pastor Paroki

Selamat Datang Di Situs Resmi Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepri Keuskupan Pangkal Pinang, Situs ini diharapkan menjadi jendela informasi dan wadah pemersatu serta jembatan kasih khususnya dalam penggalangan donasi untuk pembangunan Gereja Paroki Santo Joseph.

Pastor Paroki, RD Kristiono Widodo

holy bible