mapLink LIVE
Youtube
mapMisa LIVE STREAMING
Minggu 08.00 Wib
Sep 6 Ditulis oleh 

Laporan Perkembangan Renovasi Total Gereja Katolik Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun

 

Gereja Katolik Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun dimulai dari Stasi pada tanggal 18 Mei 1935 di saat Pastor Engelmund Tromp SS.CC mulai menetap di Tanjung Balai dan menangani umat di Pulau Karimun dan pulau-pulau sekitarnya (Sugi Bawah, Kundur dan juga Ketaman/Indragiri).

Gereja Paroki Santo Joseph juga tak bisa dilepaskan sejarahnya dari Mgr Theodosius Herckenrath SS.CC, Prefek Apostolik Bangka et Billiton pada tahun 1925 pertama kali mengunjungi Kepulauan Riau, ia juga mendengar tentang komunitas umat di Moro. Gereja Moro merupakan Cikal Bakal terbentuknya Paroki Santo Joseph.

Gereja ini juga hadir berkat orang awam Yakni Joseph Tan Tek Hwa hadir yang begitu antusias - berkobar kobar - ikut serta menaburkan benih iman serta penuh ketaatan dalam bimbingan berdirinya Gereja Katolik di Kabupaten Karimun ditahun 1935 lalu. Bersama P. Meijer (tahun 1930), Joseph Tan Tek Hwa mendirikan sebuah sekolah yang Pada tanggal  14 November 1933, Mgr Vitus Bouma SS.CC  meresmikan gereja dan pastoran sementara yang baru dibangun. Sekolah itu sekarang adalah Sekolah Santo Yusuf Yayasan Tunas Karya.

Dijaman Penjajahan Belanda dan Jepang Pastor yang melayani di Paroki Santo Joseph Beberapa Kali dipenjara pada Perang Dunia I dan dalam Perang Dunia II (1945 – 1951). P. Tromp SS.CC setelah dibebaskan dari kamp tawanan Jepang di Singapura segera  kembali ke Tanjung Balai Karimun. Pada tanggal 9 Oktober 1945 P. Tromp SS.CC sudah tiba dan menempati pos nya di Tanjung Balai.

Jemaat mula-mula Paroki Santo Josephadalah Nelayan dari Suku Tionghoa dan saat ini berasal dari berbagai suku di indonesia. Di 4 Kecamatan di Kabupaten Karimun, Kecamatan Karimun, Tebing,Meral dan Meral Barat) hanya ada 2 Gereja Katolik, 1 Gereja Hati Kudus Yesus Bati dengan kapasitas 500 orang dan Jemaat sekitar 800 orang dan Gereja Katolik Paroki Santo Joseph dengan kapasitas 100 orang sementara Jemaat sekitar 700 orang.

Sehingga jemaat beribadah hingga ke areal atap tambahan disamping gereja, di parkiran, tembok hingga ke luar pagar tanpa atap yang saat hujan maka jemaat akan berlari dan beribadah dengan berdiri, jika hari panas, maka jemaat akan kepanasan, lain lagi kebisingan karena Gereja Katolik ini tepat dipinggir jalan raya.Setelah menunggu 8 Tahun, Saat itu telah terbit IMB  tanggal 2 Oktober 2019, Tetapi Gereja ini Didemo bertubi-tubi dan digugat ke PTUN.

Referensi:

Gereja Katolik Paroki Santo Joseph Karimun Didemo Massa, Tolak IMB Renovasi Total Gereja Tahun 1928

IMB Digugat, Pengelola Gereja Katolik Santo Joseph Karimun: Ini Hal Menyakitkan

Seteru Menahun Peremajaan Gereja Tua

 

Akhirnya Presiden Jokowi Ir. Joko Widodo memberikan atensi atas masalah Gereja Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun. Atas dukungan semua pihak, baik Pemerintah Pusat dan Daerah, Aparatur TNI dan Polri Seluruh lapisan Masyarakat, Akhirnya Permasalahan Gereja Katolik yang berdiri sejak tahun 1928 ini dapat berjalan kembali dengan terbitnya IMB Renovasi Total gereja dan pastoran Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun. 

Pada April 2020 dan pada tanggal 29 Juli 2020 Mulai dilakukan pembongkaran dan hingga video ini diunggah pembongkaran telah selesai dan masuk pada lelang kontruksi pondasi.

Referensi:

Raut Wajah Jokowi saat Ditanyai Soal Intoleransi di Karimun, Masyarakat Tolak Pembangunan Gereja

PAK MENAG, INTOLERANSI DI KARIMUN ITU NYATA! I Chanel Eko Kuntadhi

 

Saudara/i terkasih, sekali lagi bantu kami dengan memberikan donasi melalui cara berikut ini:

1. Melalui Rekening BCA atas nama Panitia Pembangunan Gereja Katolik Santo Joseph Tanjung Balai Karimun, untuk mata uang Rupiah melalui BCA 8070580889, bentuk Dollar Singapura melalui BCA 8070580081.

2. Berbentuk Uang Digital yakni Paypal melalui akun paypal santojosephkarimun (at) gmail (dot) com.

3. Halaman Website paroki dengan Klik DISINI

4. Diwebsite penggalangan dana di Kitabisa.com dengan Klik DISINI

5. Diwebsite Jala kasih dengan Klik DISINI

 

Lalu Konfirmasi donasi saudara-saudari melalui +62 (853) (6353) (2598) atau di Formulir website Klik DISINI

 

Laporan keuangan dan Perkembangan akan disampaikan di Website Paroki dengan transparan, Terimakasih atas Perhatian, doa, dukungan dan donasi saudara-saudari, Yesus Kristus Memberkati Kita Sekalian

 

Media Sosial kami:

FacebookTwitterInstagram

 

1307 Terakhir diubah pada Minggu, 06 September 2020 11:41

Media

Humas

Humas, IT dan Publikasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph

//Pencarian

//Donasi Pembangunan Gereja

//Informasi Terkini

//Jadwal Misa

Misa di Gereja Paroki Santo Joseph Dialihkan ke Gereja Hati Kudus Yesus, Bati

Harian: Senin S/d Jum'at Pukul 17.00 Wib, Sabtu 06.00 Wib

Mingguan: Sabtu 18.00 Wib, Minggu 08.00 Wib

Lihat Peta (Klik Disini)

//Temukan Kami di Facebook

//Download dan Instal

Daftar atau Masuk

Pengumuman!

Misa di Gereja Paroki Santo Joseph Dialihkan ke Gereja Hati Kudus Yesus, Bati
Harian: Senin S/d Jum'at Pukul 17.00 Wib, Sabtu 06.00 Wib
Mingguan: Sabtu 18.00 Wib, Minggu 08.00 Wib

Sekapur Sirih Pastor Paroki

Selamat Datang Di Situs Resmi Paroki Santo Joseph Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepri Keuskupan Pangkal Pinang, Situs ini diharapkan menjadi jendela informasi dan wadah pemersatu serta jembatan kasih khususnya dalam penggalangan donasi untuk pembangunan Gereja Paroki Santo Joseph.

Pastor Paroki, RD Kristiono Widodo

holy bible